TRACER STUDY 2017
Hasil Tracer Study 2017
Pelaksanaan Tracer Study PNL merupakan satu kewajiban yang harus dilaksanakan secara regular setiap 2 (dua) tahun sekali. PNL telah melakukan Tracer Study pada tahun 2012, dan 2015 yang lalu untuk semua alumni dari kelima jurusan dan berbagai program studi. dengan mengacu pada aturan Kemendikbud dengan basis indikator yang telah ditentukan.
Pelaksanaan TS pada tahun 2015 telah memberikan hasil yang cukup maksimal, dimana jumlah alumni sebagai responden yang memberikan tanggapan sebanyak 65,73%. Namun besaran jumlah alumni ini dinilai telah dapat memberikan gambaran yang baik terhadap indikator yang dinilai. Harapan untuk tahun berikutnya, jumlah tanggapan alumni dapat meningkat seiring dengan adanya pengembangan atau perubahan baik pada mekanisme maupun instrumen yang digunakan.
Mengacu pada aturan umum TS yang dilakukan di Indonesia yaitu mundur selama 2 (dua) tahun, maka pada tahun 2017 ini, PNL kembali melalukan pelacakan alumni untuk lulusan tahun 2014 dan 2015 yang mengikuti lulusan yang telah di survei pada tahun 2015. Jumlah lulusan yang terdata pada tahun 2014 adalah sebanyak 576 alumni, pada tahun 2015 sebanyak 787 alumni. Dengan demikian total alumni yang akan dilacak berjumlah sebanyak 1.363 alumni.
Pelaksanaan Tracer Study PNL tahun 2017 ini dilaksanakan mengikuti program Kemenristekdikti yang dilakukan pada dua angkatan lulusan / alumni PNL yaitu tahun 2014 dan 2015. Alumni dari kedua angkatan tersebut telah disurvey dan diberikan quisioner utk mendapatkan data yang akurat. Pelaksanaan TS pada tahun 2017 telah memberikan hasil yang baik, dimana jumlah alumni sebagai responden yang memberikan tanggapan sebanyak 74 % atau sebanyak 1009 orang dan yang tidak merespon sebanyak 354 Orang atau 26 % . Namun besaran jumlah alumni ini dinilai telah dapat memberikan gambaran yang baik terhadap indikator yang dinilai. Harapan untuk tahun berikutnya, jumlah tanggapan alumni dapat meningkat seiring dengan adanya pengembangan atau perubahan baik pada mekanisme maupun instrumen yang digunakan.
Lulusan Program Studi Diploma III dan Diploma IV Tahun 2014 dan 2015
PROGRAM STUDI PNL | TH 2014 | TH 2015 |
DIV Perancangan Jalan & Jembatan | 39 | 14 |
DIII Teknik Sipil | 41 | 12 |
DIII Teknik Sipil Bangunan Air | 12 | 8 |
DIV Teknologi Kimia Industri | 22 | 79 |
DIII Teknik Kimia | 31 | 59 |
DIII Pengolahan Minyak & Gas Bumi | 22 | 32 |
DIV Teknik Mesin Produksi &Perawatan | 20 | 49 |
DIII Teknik Mesin | 60 | 37 |
DIV Instrumentasi & Otomosi Industri | 22 | 50 |
DIII Teknik Listrik | 18 | 36 |
DIII Teknik Telekomunikasi | 37 | 33 |
DIII Teknik Elektronika | 13 | 31 |
DIV Teknik Informatika | 59 | 59 |
DIV Teknik Multimedia & jaringan | 0 | 15 |
DIV Keuangan & Perbankan Syari’ah | 21 | 17 |
DIII Akuntansi | 59 | 71 |
DIII Keuangan & Perbankan | 46 | 99 |
DIII Administrasi Bisnis | 54 | 86 |
Total | 576 | 787 |
Aspek Pembelajaran
Aspek pembelajaran merupakan bagian dari proses pembelajaran yang telah dilalui oleh alumni sejak dua tahun yang lalu menyangkut hubungan sebab akibat dari pembelajaran tersebut.
Proses Pembelajaran
Fasilitas dan Sarana Pembelajaran
Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
Terdapat sekitar 80 lulusan yang mendapatkan pekerjaan atau sekitar 95% dari jumlah 84 lulusan. Untuk waktu tunggu memperoleh pekerjaan pertama, pada umumnya lulusan memperoleh pekerjaan pertama berkisar 1-3 bulan (8 lulusan = 10%), 3-6 bulan (21 lulusan = 26%), 7-12 bulan (21 lulusan = 26%) serta 13-24 Bulan (23%) dan sisanya 36 Bulan keatas (15%). Hasil survei sebagaimana ditunjukkan dalam grafik berikut.
Sumber Informasi Pekerjaan
Pada umumnya para lulusan menanggapi permasalahan sumber informasi terhadap pekerjaan, 38% pada umumnya menjawab dari media. Grafik 3.6 berikut memperlihatkan sebaran data menyangkut informasi pekerjaan yang diperoleh oleh lulusan.
Status Pekerjaan
Sebagian besar para lulusan, bekerja diperusahaan dibandingkan wiraswasta, pemerintahan atau lainnya. Grafik 3.7 memperlihatkan status pekerjaan lulusan.
Relevansi Kurikulum dengan Pekerjaan
Survey terhadap responden yang mengakui adanya relevansi kurikulum dengan pekerjaan yang saat ini dijalani sebanyak 29-30% menyatakan relevansi kurikulum dengan pekerjaan yang ditekuninya saat ini. Grafik 3.11 berikut memperlihatkan perbandingan tersebut. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa lulusan dari program studi bekerja sesuai bidang dan kompetensi ilmu yang telah dimilikinya selama menempuh pendidikan di PNL.