TRACER STUDY 2017

Hasil Tracer Study 2017


Pelaksanaan Tracer Study PNL merupakan satu kewajiban yang harus dilaksanakan secara regular setiap 2 (dua) tahun sekali. PNL telah melakukan Tracer Study pada tahun 2012, dan 2015 yang lalu untuk semua alumni dari kelima jurusan dan berbagai program studi. dengan mengacu pada aturan Kemendikbud dengan basis indikator yang telah ditentukan.

Pelaksanaan TS pada tahun 2015 telah memberikan hasil yang cukup maksimal, dimana jumlah alumni sebagai responden yang memberikan tanggapan sebanyak 65,73%. Namun besaran jumlah alumni ini dinilai telah dapat memberikan gambaran yang baik terhadap indikator yang dinilai. Harapan untuk tahun berikutnya, jumlah tanggapan alumni dapat meningkat seiring dengan adanya pengembangan atau perubahan baik pada mekanisme maupun instrumen yang digunakan.

Mengacu pada aturan umum TS yang dilakukan di Indonesia yaitu mundur selama 2 (dua) tahun, maka pada tahun 2017 ini, PNL kembali melalukan pelacakan alumni untuk lulusan tahun 2014 dan 2015 yang mengikuti lulusan yang telah di survei pada tahun 2015. Jumlah lulusan yang terdata pada tahun 2014 adalah sebanyak 576 alumni, pada tahun 2015 sebanyak 787 alumni. Dengan demikian total alumni yang akan dilacak berjumlah sebanyak 1.363 alumni.

Pelaksanaan Tracer Study PNL tahun 2017  ini dilaksanakan mengikuti program Kemenristekdikti yang dilakukan pada dua angkatan lulusan / alumni PNL yaitu tahun 2014 dan 2015. Alumni dari kedua angkatan tersebut telah disurvey dan diberikan quisioner utk mendapatkan data yang akurat. Pelaksanaan TS pada tahun 2017 telah memberikan hasil yang baik, dimana jumlah alumni sebagai responden yang memberikan tanggapan sebanyak 74 %  atau sebanyak 1009 orang dan yang tidak merespon sebanyak 354 Orang atau 26 % .  Namun besaran jumlah alumni ini dinilai telah dapat memberikan gambaran yang baik terhadap indikator yang dinilai. Harapan untuk tahun berikutnya, jumlah tanggapan alumni dapat meningkat seiring dengan adanya pengembangan atau perubahan baik pada mekanisme maupun instrumen yang digunakan.

Lulusan Program Studi Diploma III dan Diploma IV Tahun 2014 dan 2015

PROGRAM STUDI PNL TH 2014 TH 2015
DIV Perancangan Jalan & Jembatan 39 14
DIII Teknik Sipil 41 12
DIII Teknik Sipil Bangunan Air 12 8
DIV Teknologi Kimia Industri 22 79
DIII Teknik Kimia 31 59
DIII Pengolahan Minyak & Gas Bumi 22 32
DIV Teknik Mesin Produksi &Perawatan 20 49
DIII Teknik Mesin 60 37
DIV Instrumentasi & Otomosi Industri 22 50
DIII Teknik Listrik 18 36
DIII Teknik Telekomunikasi 37 33
DIII Teknik Elektronika 13 31
DIV Teknik Informatika 59 59
DIV Teknik Multimedia  & jaringan 0 15
DIV Keuangan & Perbankan Syari’ah 21 17
DIII Akuntansi 59 71
DIII Keuangan & Perbankan 46 99
DIII Administrasi Bisnis 54 86
Total 576 787


Aspek Pembelajaran

Aspek pembelajaran merupakan bagian dari proses pembelajaran yang telah dilalui oleh alumni sejak dua tahun yang lalu menyangkut hubungan sebab akibat dari pembelajaran tersebut.


Proses Pembelajaran


Fasilitas dan Sarana Pembelajaran


Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Terdapat sekitar 80 lulusan yang mendapatkan pekerjaan atau sekitar 95% dari jumlah 84 lulusan. Untuk waktu tunggu memperoleh pekerjaan pertama, pada umumnya lulusan memperoleh pekerjaan pertama berkisar 1-3 bulan (8 lulusan = 10%),    3-6 bulan (21 lulusan = 26%), 7-12 bulan (21 lulusan = 26%) serta 13-24 Bulan (23%) dan sisanya 36 Bulan keatas (15%). Hasil survei sebagaimana ditunjukkan dalam grafik berikut.


Sumber Informasi Pekerjaan

Pada umumnya para lulusan menanggapi permasalahan sumber informasi terhadap pekerjaan, 38% pada umumnya menjawab dari media. Grafik 3.6 berikut memperlihatkan sebaran data menyangkut informasi pekerjaan yang diperoleh oleh lulusan.


Status Pekerjaan

Sebagian besar para lulusan, bekerja diperusahaan dibandingkan wiraswasta, pemerintahan atau lainnya. Grafik 3.7 memperlihatkan status pekerjaan lulusan.


Relevansi Kurikulum dengan Pekerjaan

Survey terhadap responden yang mengakui adanya relevansi kurikulum dengan pekerjaan yang saat ini dijalani sebanyak 29-30% menyatakan relevansi kurikulum dengan pekerjaan yang ditekuninya saat ini. Grafik 3.11 berikut memperlihatkan perbandingan tersebut. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa lulusan dari program studi bekerja sesuai bidang dan kompetensi ilmu yang telah dimilikinya selama menempuh pendidikan di PNL.



Leave a Comment

five × 1 =