TRACER STUDY 2020

Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi vokasi di Provinsi Aceh tentunya sangat berharap untuk terus dapat melakukan berbagai tindakan evaluasi diri melalui perbaikan kualitas lulusan. Melalui Visi PNL yaitu ”Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi yang mandiri dan unggul di tingkat global”. Semangat yang tertuang melalui visi tersebut sangat jelas terlihat bahwa PNL sangat konsisten untuk menuju pada berbagai perbaikan khususnya terhadap lulusan, baik dari sisi pengembangan laboratorium berbasis teknologi maupun  termasuk menjaga hubungan yang erat dengan para lulusan melalui pemanfaatan teknologi tersebut, sehingga dengan demikian akan terbentuk satu kekuatan baru yang memudahkan PNL dalam mengevaluasi kualitas dan kuantitas para lulusan agar berguna bagi masyarakat.

Disamping visi, PNL juga berkeyakinan kuat untuk mewujudkan Misi yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Terdapat 3 (tiga) Misi PNL sebagai berikut:

1.  Menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan penguatan softskill serta memperhatikan budaya lokal;

2.  Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat;

3.  Aktif dalam merespon isu global dan perkembangan teknologi dalam upaya peningkatan kapasitas PNL dan akses layanan.

Misi yang telah disepakati di atas menunjukkan adanya kekuatan bagi PNL dalam melakukan pembenahan yang sifatnya sangat dinamis dan mampu memberikan citra positif bagi masyarakat. Ketiga misi tersebut telah mendorong PNL untuk melakukan pengembangan dan perbaikan sampai saat ini, dan salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui Tracer Study yang mampu memberikan dampak cukup signifikan bagi pengembangan PNL ke depan. Pelaksanaan Tracer Study dalam jangka panjang bagi PNL, akan terus dilaksanakan melalui sistem manajerial terpusat di PKM. Dalam hal ini, PKM perlu menciptakan sebuah manajemen yang terhubung bagi setiap Jurusan di lingkungan PNL agar memudahkan dalam pengelolaan database lulusan.

 

Untuk menjamin bahwa kegiatan pelacakan alumni akan terus dilaksanakan sebagai suatu komitmen PNL untuk secara terus menerus meningkatkan kemampuan maupun kapasitas institusionalnya, sehingga tercapai peningkatan kualitas lulusannya, maka perlu dikembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Kegiatan-kegiatan yang diturunkan ke dalam program-program pengembangan, spenuhnya dapat diperoleh melalui pelaksanaan Tracer Study yang memadai dan tepat sasaran bagi alumni. Diharapkan melalui kegiatan Tracer Study, kualitas mahasiswa atau persiapan kualitas bagi lulusan dapat dilaksanakan dengan tingkat kepastian yang tinggi.

Pelaksanaan TS pada tahun 2020 telah memberikan hasil yang cukup maksimal, dimana jumlah alumni sebagai responden yang memberikan tanggapan sebanyak 82%. Namun besaran jumlah alumni ini dinilai telah dapat memberikan gambaran yang baik terhadap indikator yang dinilai. Harapan untuk tahun berikutnya, jumlah tanggapan alumni dapat meningkat seiring dengan adanya pengembangan atau perubahan baik pada mekanisme maupun instrumen yang digunakan.

 

Mengacu pada aturan umum TS yang dilakukan di Indonesia yaitu mundur selama 2 (dua) tahun, maka pada tahun 2020 ini, PNL kembali melalukan pelacakan alumni untuk lulusan tahun 2018 yang mengikuti lulusan yang telah di survei pada tahun 2019. Jumlah lulusan yang terdata pada tahun 2020 dengan angkatan lulusan 2018 adalah sebanyak 1.049 alumni. Dengan demikian total alumni yang akan dilacak pada tahun 2020 berjumlah sebanyak 1.049 alumni.

 Tabel 2.1

Lulusan Program Studi Diploma III dan Diploma IV

Tahun 2018

 

 

 

a.       Status Pekerjaan / Tempat Kerja Lulusan/Berwirausaha

Sebagian besar para lulusan, bekerja diperusahaan dibandingkan wiraswasta, pemerintahan atau lainnya. Grafik 3.8 memperlihatkan status pekerjaan lulusan.

 

 

 

   

Grafik 3.8 Status Pekerjaan / Tempat Kerja Lulusan/Berwirausaha

 

Grafik 3.8 diatas memperlihatkan tentang status pekerjaan dari lulusan 2017. Jumlah responden yang dapat terhubungi 950 lulusan dari 1083 lulusan,  rata- rata tempat/lokasi pekerjaan alumni berada dalam lingkup Lokal dengan persentase status pekerjaan yaitu wiraswasta (56%), Nasional (41%), Internasional (1%).

 

Simpulan

Laporan akhir dari Tracer Studi tahun 2020 mengacu pada target responden alumni PNL lulusan tahun 2018. Dari beberapa indikator pembahasan dan data yang diperoleh dari Tracer Study 2020 ini, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

a.       Jumlah responden yang dapat ditelusuri baik dengan menggunakan online system maupun secara manual, mengalami penurunan sebanyak 5%.

b.       Berdasarkan target responden yaitu alumni, jumlah data yang masuk 858 orang alumni (82%) dari total keseluruhan alumni 1049 orang. Terdapat 191 orang yang datanya tidak dapat ditelusuri (18%).

Terdapat sekitar  71% lulusan yang sudah bekerja, dan 29% yang belum mendapatkan pekerjaan.

 

Leave a Comment

eighteen − seventeen =